Kamis, 12 November 2015

SINOPSIS "SOMETHING THE LORD MADE


Film produksi tahun 2004 yang diperankan oleh Alan Rickman dan Mos Def ini bercerita tentang lika - liku perjalanan 2 dokter yang mempunyai tujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan operasi jantung. Berawal dari seorang tukang kayu yang memiliki mimpi menjadi dokter, Vivian yaitu sang tukang kayu yang di phk dari pekerjaan awalnya sebagai tukang kayu dan kemudian bekerja sebagai penjaga binatang di suatu klinik. Ketika sedang bekerja Vivian membaca buku yang ada di rak buku di ruangan dokter kemudian dokter tersebut memergokinya. Dokter tersebut yaitu dr. Blalock lalu menanyainya beberapa hal dan mengetes nya dengan menyuruh mengangkat 2 tabung laboratorium menggunakan kedua tangannya dengan media penjepit. Vivian membuat dr. Blalock terkesan dan mengangkat ia untuk menjadi asistennya.

Beberapa bulan kemudian mereka terus mengadakan riset untuk menemukan solusi dari masalah operasi jantung ini. Mereka terus berjuang dan optimis bahwa ini bisa tercapai, terlebih lagi Vivian yang meiliki beban lebih karena harus melawan rasisme. Rasisme tidak mengendurkan semangat Vivian untuk terus membantu dr. Blalock. Klimaksnya ketika mereka berhasil menemukan solusi dan berhasil mengoperasi seorang bayi yang mengidap blue syndrome.

Setelah pencapaian yang luar biasa itu mereka berdua mendapat kehormatan dengan dipajangnya foto mereka berdua di dinding rumah sakit sebagai orang yang berpengaruh di dunia kedokteran.

Materi ilmu sosial dasar yang berhubungan dengan film ini adalah Sikap melawan rasisme yang ditunjukkan oleh Vivian dengan cara tetap menjunjung tinggi sikap toleransi dan membuktikan dengan perbuatan bukan sekedar ucapan serta usaha Vivian untuk menemukan solusi dari masalah masalah masyarakat seperti solusi pembedahan penyakit jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar